Minggu, 18 November 2012



BAB 2
PEMANFAATAN MEDIA AUDIO DAN RADIO UNTUK PEMBELAJARAN

     1.  Pengertian

Banyak jenis ICT yang dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran. Ada yang berbasis komputer (baik yang bersifat offline maupun yang bersifat online), ada yang berbasis televisi, ada yang berbasis telepon dan ada yang berbasis audio ataupun radio. Jadi radio merupakan salah satu jenis ICT yang dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran.
Baik audio maupun radio dua- duanya merupakan media pembelajaran yang berbasis suara atau bunyi. Audio berasal dari kata audible, yang artinya suara yang dapat didengarkan secara wajar oleh telinga manusia. Kemempuan mendengar manusia berada pada daerah frekuensi antara 20 sampai dengan 20.000 Hertz. Diluar itu, manusia tidak mampu lagi mendengarkannya.
Ada beberapa kelebihan media radio antara lain dengan jangkauan yang begitu luas hingga mampu menembus seluruh pelosok tanah air. Begitu dipancarkan, maka dalam waktu yang bersamaan beribu- ribu bahkan berjuta- juta peserta didik dapat memanfaatkannya sebagai sumber belajar. Tidak seperti televisi, gelombang radio mampu mengatasi hambatan yang berupa gunung, pepohonan maupun tembok bangunan.
CD dan DVD
CD atau Compact disc dan juga DVD atau Digital Compact disc adalah sebuah media penyimpanan file audio yang dibuat untuk merampingkan system penyimpanannya. Selain ramping, keduanya memiliki kemampuan menyimpan file yang lebih banyak dibandingkan dengan kaset. Kualitas suara yang dihasilkan juga lebih bagus.
(MP3)
MP3 merupakan salah satu bentuk (format) penyimpanan file audio digital yang paling popular. Disamping ukuran filenya yang lebih kecil, MP3 juga memberikan kualitas suara yang lebih bagus jika dibandingkan dengan CD audio.
Audio Digital (WAV)
WAV atau Waveform audio format, merupakan salah satu format penyimpanan file audio yang dirancang dan dikembangkan oleh Microsoft atau IBM. Perangkat yang diperlukan untuk memutar WAV salah satunya adalah iPod atau dengan merk zune.

Radio dan audio streaming.
Radio streaming materi pembelajaran yang ditambahkan ke dunia maya (internet). Melalui internet inilah materi pembelajaran di pancarkan keseluruhan belahan dunia. Melalui radio streaming kita dapat mendengar materi siaran secara langsung (live) dengan mengakses via internet. Untuk menangkap materi siaran radio streaming diperlukan peralatan komputer. Selain melalui komputer siaran radio streaming juga dapat diikuti dengan menggunakan Handphone(HP) dan radio satelit.
Disamping radio streaming juga berkembang audio streaming. Audio streaming prinsipnya sama dengan radio streaming. Dalam audio streaming materi pembelajaran di simpan di dunia maya (internet). Alat untuk memutar audio streaming adalah komputer atau handphone atau radio satelit.
Melalui audio streaming, peserta didik dapat memutar file secara langsung dan mendengarkannya tanpa harus mendownloadnya terlebih dahulu.
  2. MODEL PEMANFAATAN MEDIA AUDIO UNTUK PEMBELAJRAN
Ada beberapa pemanfaatan media audio untuk pembelajaran. Salah satunya dengan media cetak (buku/modul),.
1      1. Terintegrasi dengan media cetak (buku/modul)
        2.  Pemanfaatannya terintegrasi dengan cetak (bisa berupa modul/buku atau media cetak lainnya.
     3. Untuk memperoleh hasil belajar yang maksimal, peserta didik di tuntut harus sabar dan teliti, karena peserta didik harus bolak- balik mematikan audio untuk melihat ke modulnya atau menutup modul kembali memutar dan menyimak audionya.
4     4. Pengintegrasiaanya bisa secara murni (pure), tetapi bisa juga semi integritas.
5     5. Untuk pengintegrasian yang sifatny murni mayoritas materi pembelajaran ada di medua audio.
6   6.  Materi yang ada di media audio (untuk pelajaran bahasa inggris) misalnya cara membawa wacana    (reading), vocabulary, listening, speaking, latihan latihan, umpan balik hasil latihan dan penjelasan tata bahasa (grammar).
S
S   Sumber : Daryanto. (2010). MEDIA PEMBELAJARAN Peranannya  Sangat Penting Dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. Yogyajarta:  GAVA MEDIA.









 

0 komentar:

Posting Komentar